AUDIO “WARTA BERITA” RRI SEBAGAI MEDIA TUTORIAL PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI PADA MAHASISWA KEMITRAAN NEGARA BERKEMBANG (KNB) DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2011/2012 (SEBUAH STUDI KASUS)

Setyaningrum, Linda Wahyu (2013) AUDIO “WARTA BERITA” RRI SEBAGAI MEDIA TUTORIAL PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI PADA MAHASISWA KEMITRAAN NEGARA BERKEMBANG (KNB) DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2011/2012 (SEBUAH STUDI KASUS). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Linda Wahyu Setyaningrum 07201244002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tutorial penulisan esai argumentatif pada mahasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) 2011/2012 di Universitas Negeri Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini mengkaji penggunaan media audio “Warta Berita” RRI sebagai media penulisan esai dalam tutorial tersebut. Audio “Warta Berita” RRI berperan sebagai pemberi stimulus dalam pemerolehan ide dan pengembangan gagasan esai. Penelitian studi kasus ini dilaksanakan pada bulan Mei 2012. Desain penelitian ini menggunakan studi kasus observasi. Menurut Creswell (2007), penelitian ini termasuk studi kasus instrumental tunggal, yakni menggunakan sebuah kasus berupa kemampuan menulis esai argumentatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, logbook, tes objektif, dan dokumen esai hasil kegiatan tutorial. Pengambilan data dilakukan dengan validasi dialog dan validasi katalistik Triangulasi metode pengumpulan data dilakukan untuk membangun reabilitas penelitian. Subjek kasus yang diteliti yakni enam orang mahasiswa KNB UNY tahun 2011/2012. Mahasiswa-mahasiswa tersebut berasal dari Thailand, Fiji, Bangladesh, Uzbekistan, dan Laos. Analisis data dilakukan secara analisis tipologi dan analisis matrik, kemudian peneliti mendeskripsikan hasil kajiannya. Berdasarkan pengkajian kasus, ditemukan adanya peningkatan skor rata-rata pada esai argumentatif hasil tutorial yang menggunakan media audio “Warta Berita” RRI. Skor rata-rata esai argumentatif pada tutorial tersebut secara berurutan yaitu 71,16, lalu 71,83, kemudian mencapai 76,33. Skor meningkat sebesar 5,17 atau 6,7%. Hal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa telah mampu menulis esai argumentatif dengan topik tertentu dan mengembangkannya secara sederhana. Pengembangan esai ditulis dengan kosakata yang cukup memadai, beretorika linear, dan pola pengembangan paragraf deduktif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: esai argumentatif, warta berita RRI, mahasiswa KNB UNY, menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25286

Actions (login required)

View Item View Item