KEEFEKTIFAN MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII MTs DARUL IKHLASH SUKAURIP INDRAMAYU

Ningrum, Linda Lestari (2013) KEEFEKTIFAN MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII MTs DARUL IKHLASH SUKAURIP INDRAMAYU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Linda Lestari Ningrum 08201244050.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Keefektifan Model Sinektik dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas VII MTs Darul Ikhlash Sukaurip Indramayu” bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi antara pembelajaran menulis puisi yang menggunakan model sinektik dengan pembelajaran menulis puisi yang tidak menggunakan model sinektik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Desain pra and post eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan model sinektik dan kemampuan menulis puisi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Ikhlash Sukaurip Indramayu. Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VII A dan VII B sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,894 yang lebih besar dari koefisien 0.6. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t dan uji scheffedengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor pascatesmenulis puisi siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol terdapat 10 siswa yang mendapat skor rendah, 12 siswa mendapat skor sedang, dan 7 siswa mendapat skor tinggi. Pada kelompok eksperimen 3 siswa yang mendapat skor rendah, 11 siswa mendapat skor sedang, dan 15 siswa mendapat skor tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil uji-t skor pratesdan pascateskelompok eksperimen menghasilkan thitung sebesar -3,379 dengan df 56 dan ttabel 2,021 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa model sinektik digunakan pada pembelajaran menulis puisi karena nilai thitung<ttabel (-3,379 < 2,021). Hasil uji scheffe skor pascates kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan Fh> Ft(8,952 > 2,000) db sebesar 58 dengan signifikasi 5%, hal ini menunjukan hasil yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, model sinektik efektif digunakan pada pembelajaran menulis puisi di kelas VII MTs Darul Ikhlash Sukaurip Indramayu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model sinektik, pembelajaran menulis puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25281

Actions (login required)

View Item View Item