KEEFEKTIFAN STRATEGI KELOMPOK MERINGKAS (GROUP SUMMARIZING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RANGKUMAN BUKU ILMU PENGETAHUAN POPULER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SALAM MAGELANG JAWA TENGAH

Widiyanti, Heni (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI KELOMPOK MERINGKAS (GROUP SUMMARIZING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RANGKUMAN BUKU ILMU PENGETAHUAN POPULER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SALAM MAGELANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Heni Widiyanti 08201244067.pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis rangkuman siswa yang diberi perlakuan dengan strategi kelompok meringkas dan siswa yang diberi perlakuan secara konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi kelompok meringkas dalam pembelajaran menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Salam Magelang. Strategi kelompok meringkas (group summarizing) digunakan untuk, (1) melatih siswa untuk berpikir kritis terhadap suatu bacaan, (2) melatih siswa memiliki tanggung jawab yang lebih dalam sebuah bacaan, mulai dari siswa mampu menghapus informasi yang tidak relevan, mampu menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas, dan mampu menciptakan kalimat topik ketika penulis tidak memberikan keterangan apapun Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Salam Magelang. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Validitas yang digunakan adalah validitas isi (content validity). Instrumen yang digunakan sudah dikonsultasikan oleh Expert judgament. Hasil uji reliabilitas diperoleh r = 0,452. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis rangkuman siswa yang menggunakan strategi kelompok meringkas dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil penghitungan uji-t untuk sampel bebas berupa Sig.(2- tailed) 0,147 > 0,05≠ Signifikan. Strategi kelompok meringkas efektif digunakan dalam pembelajaran menulis rangkuman. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji scheffe yang menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed) 0,003 < 0,05 = Signifikan, dan tingkat keefektifan sebesar 0,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi kelompok meringkas (group summarizing), pembelajaran menulis, menulis rangkuman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:46
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25279

Actions (login required)

View Item View Item