PENGARUH PENGGUNAAN ANEKA SUMBER BELAJAR TERINTEGRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII DI MTs ANWAR FUTUHIYYAH NGEMPLAK, SLEMAN

Putri Lestari, Qoriah (2015) PENGARUH PENGGUNAAN ANEKA SUMBER BELAJAR TERINTEGRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII DI MTs ANWAR FUTUHIYYAH NGEMPLAK, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
QORIAH PUTRI LESTARI_11105241013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aneka sumber belajar terintegrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII di MTs Anwar Futuhiyyah, Ngemplak, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pola replication design (teknik pengulangan). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII di MTs Anwar Futuhiyyah Ngemplak, Sleman yang berjumlah 19 anak. Replikasi atau pengulangan dilakukan sebanyak dua kali dengan treatment yang berbeda. Treatment pertama berupa penggunaan aneka sumber belajar tidak terintegrasi pada materi cahaya, sedangkan treatmentkedua adalah penggunaan aneka sumber belajar terintegrasi pada materi alat optik. Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan menggunakan statistik inferensial dengan perhitungan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aneka sumber belajar terintegrasi memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTs Anwar Futuhiyyah. Hal ini terbukti nilai rata-rata replikasi kedua lebih tinggi (pre-test = 33,8 dan post-test = 73,45)dibandingkan dengan replikasi pertama (pre-test = 32,5 dan post-test = 64,07). Bila dilihat dari perhitungan uji-t dihasilkan nilai sig < taraf sig (0,00 < 0,05) dengan thit -3,39.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Aug 2015 00:20
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25276

Actions (login required)

View Item View Item