PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO CERDIKTERA TERHADAP PEMAHAMAN KARAKTER TOLERASI DAN PEDULI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PKN BAGI SISWA TUNANETRA KELAS VIIIA MTSLB YAKETUNIS

Sukmawati, Wiwiet (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO CERDIKTERA TERHADAP PEMAHAMAN KARAKTER TOLERASI DAN PEDULI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PKN BAGI SISWA TUNANETRA KELAS VIIIA MTSLB YAKETUNIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Wiwiet Sukmawati_11105241031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio Cerdiktera terhadap pemahaman karakter toleransi dan peduli sosial siswa tunanetra kelas VIIIA di MTsLB Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA MTsLB Yaketunis yang berjumlah dua orang laki-laki dan satu orang perempuan yang dua diantaranya mengalami buta total (total blind) dan satu siswa mengalami low vision. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes hasil belajar dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik non-parametrik dengan tes tanda untuk tes hasil belajar dan hasil observasi dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio Cerdiktera memiliki pengaruh terhadap pemahaman karakter toleransi dan peduli sosial. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis yang meggunakan tes tanda menunjukkan bahwa p hitung 0,0031 lebih kecil dari p 0,005 dan hasil observasi menunjukan kategori rata-rata baik, sehingga dapat dikatakan bahwa media audio Cerdiktera mempunyai pengaruh terhadap pemahaman konsep karakter bagi siswa tunanetra kelas VIIIA MTsLB Yaketunis. Pemahaman karakter pada siswa ditunjukkan dengan siswa mampu mendeskripsikan, menyebutkan contoh, menjelaskan karakter toleransi dan peduli sosial selama proses pembelajaran menggunakan media audio Cerdiketra. Siswa mampu menerapkan karakter toleransi dan peduli sosial yang sudah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat mencapai aspek pemahaman yang baik dengan mengaplikasikan materi toleransi dan peduli sosial yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Aug 2015 00:20
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25275

Actions (login required)

View Item View Item