PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA MATEMATIKA POKOK BAHASAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SINDUADI MLATI SLEMAN

Siswoyo, Joko (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA MATEMATIKA POKOK BAHASAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SINDUADI MLATI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Joko Siswoyo_11105244034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan alat permainan edukatif ular tangga matematika yang layak digunakan untuk pembelajaran matematika pokok bahasan luas bangun datar untuk siswa kelas V SD Negeri 1 Sinduadi, Mlati Sleman. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, merevisi hasil uji coba lapangan utama, uji coba operasional, penyempurnaan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas V SD Negeri 1 Sinduadi, Mlati Sleman, subjek uji coba lapangan awal adalah 4 siswa, subjek uji coba lapangan utama adalah 8 siswa dan subjek uji coba operasional adalah 20 siswa. Objek penelitian berupa Alat permainan edukatif ular tangga matematika pokok bahasan luas bangun datar. Uji kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi dan siswa kelas V sekolah dasar sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket. dan dokumentasi. Analisis data berupa kombinasi deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan APE Ular tangga matematika dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,4 dengan persentase skor 87,8% termasuk kategori sangat baik. (2) Penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4,8 dengan persentase skor 96,6% termasuk kategori sangat baik. (3) Penilaian uji coba lapangan mendapatkan persentase skor 87,5% termasuk dalam kategori layak. Uji coba lapangan utama mendapatkan persentase skor 96,2% termasuk dalam kategori layak. Uji coba lapangan operasional mendapatkan persentase skor 98% termasuk dalam kategori layak. Dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif ular tangga matematika layak digunakan untuk pembelajaran matematika pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Aug 2015 00:20
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25269

Actions (login required)

View Item View Item