PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO REALITY SHOW PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL

Mahardiyan S, Ecy (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO REALITY SHOW PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ecy Mahardiyan S 08201241004.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis puisi dan meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa melalui kegiatan menyimak Video Reality Show “Orang Pinggiran” Trans7 SMP Negeri 1 Banguntapan, Bantul. Subjek dalam penelitian ini, siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Banguntapan, Bantul yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data keterampilan menulis puisi menggunakan metode observasi atau monitoring kelas, teknik wawancara serta tes untuk mengukur adanya peningkatan menulis puisi. Validitas yang digunakan di dalam penelitian tindakan ini adalah validitas demokratis, proses, dan dialogik. Untuk reliabilitas penelitian dan data-data tentang pembelajaran menulis puisi yang merupakan objek kajian dalam penelitian, dicapai dengan mengumpulkan dan membandingkan data atau informasi dari subjek yang terkait, yaitu guru sebagai pengajar, siswa sebagai subjek penelitian, dan peneliti sebagai pengamat. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut. Pertama, kegiatan menyimak Video Reality Show “Orang Pinggiran” Trans7 dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa yang tampak pada meningkatnya kualitas proses pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan oleh adanya keaktifan siswa, antusias, dan semangat dari siswa, serta fokus siswa kepada pembelajaran. Pada tahap pratindakan, siswa terlihat malas dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu mereka juga lebih suka bercanda, bermain-main, dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Pada tahap siklus I siswa yang malas dan kurang bersemangat mulai berkurang. Pada tahap siklus II, siswa lebih memperhatikan pembelajaran, tidak bermain-main, dan bersenda gurau. Siswa juga lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Kedua, peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor hasil menulis puisi siswa pada setiap siklus. skor rerata di setiap aspek mengalami peningkatan. Peningkatan hasil atau produk dapat dilihat dari perbandingan skor rerata keterampilan menulis puisi siswa pada setiap siklus. Diksi meningkat dari 2,08 menjadi 3,47. Pencitraan meningkat dari 2,02 menjadi 3,19. Pemajasan meningkat dari 2,13 menjadi 3,22. Kesesuaian judul, tema, dan isi meningkat dari 2,16 menjadi 3,08. Kandungan makna dan amanat meningkat dari 2,25 menjadi 3,19. Nilai rerata meningkat dari 53,19 menjadi 80.97. Dengan demikian, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIIA SMP Negeri I Banguntapan, Bantul telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan dengan kegiatan menyimak Video Reality Show “Orang Pinggiran” Trans7.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis puisi, media video reality show, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25268

Actions (login required)

View Item View Item