PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN PENYIMPANGAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SUMBERGIRI

Kurniawan, Apriya (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN PENYIMPANGAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SUMBERGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
09105244022_ApriyaKurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif yang layak pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas VIII di MTS N Sumbergiri, Ponjong. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi Borg & Gall. Adapun tahapan tersebut yaitu: Pendahuluan, perencanaan, pengembangan, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi. Tahapan pendahuluan meliputi analisis kebutuhan yaitu dengan melaksanakan studi pustaka dan studi lapangan. Tahap perencanaan meliputi, analisis tujuan, analisis kemampuan peneliti, menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan menentukan materi pelajaran. Tahap Pengembangan meliputi membuat desain produk, mengumpulkan bahan, finishing produk dan validasi ahli. Setelah produk melalui tahap validasi ahli dan dinyatakan layak maka dilanjutkan dengan tahap uji coba. Tahap uji coba produk, produk multimedia pembelajaran interaktif diuji cobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba awal yang melibatkan 3 siswa, uji coba lapangan melibatkan 9 siswa, dan uji pelaksanaan lapangan yang melibatkan 26 siswa sebagi subjek penelitian. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII MTS Negeri Sumbergiri Ponjong. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi saat uji coba, kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, tampilan dan aspek pemprograman, kualitas multimedia pembelajaran yang dikembangan dikategorikan baik dengan presesntase 81,27 %. Dengan demikian dari hasil uji pelaksanaan lapangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas VIII MTS Negeri Sumbergiri Ponjong dengan materi “Penyimpangan Sosial” sudah layak digunakan oleh siswa MTS Negeri Sumberigi Ponjong sebagai salah satu sumber belajar baik secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Aug 2015 00:20
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25267

Actions (login required)

View Item View Item