Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Bangun Ruang SMP dengan Menggunakan Model Guided Inquiry Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa

Rochana, Siti (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Bangun Ruang SMP dengan Menggunakan Model Guided Inquiry Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-rochana-13709251079.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang SMP dengan menggunakan model Guided Inquiry berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Pengembangan terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) tahap penelitian awal; (2) tahap pengembangan; (3) tahap penilaian. Subjek uji coba penelitian yaitu 30 siswa dan satu guru di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan guru, lembar kepraktisan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes ketercapaian kompetensi, tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket motivasi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang SMP dengan menggunakan model Guided Inquiry berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa, meliputi RPP dan LKS. Produk yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan produk dapat terlihat dari hasil validasi ahli yang menyatakan bahwa produk mencapai kriteria valid. Kepraktisan produk terlihat dari hasil pengisian lembar kepraktisan guru yang menunjukkan bahwa produk mencapai kategori baik. Hasil pengisian lembar kepraktisan siswa juga menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria baik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang menunjukkan bahwa persentase minimal keterlaksanaan pembelajaran adalah 86% dan maksimal adalah 95%. Keefektifan produk terlihat dari hasil tes ketercapaian kompetensi yang menunjukkan presentase ketuntasan mencapai 80%, hasil tes berpikir kreatif yang menunjukkan 86, 67% siswa mencapai kategori minimal cukup baik dan angket motivasi siswa yang menunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki motivasi dengan kategori minimal baik adalah 80%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, guided inquiry
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2015 00:20
Last Modified: 09 May 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25265

Actions (login required)

View Item View Item