PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI BAGI PESERTA DIDIK SMP

Sanova, Ayu Eliana (2012) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI BAGI PESERTA DIDIK SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ayu Eliana Sanova 08201244051.pdf

Download (120MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran apresiasi puisi yang memenuhi unsur kelayakan, dan 2) menguji kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek materi, tampilan dan pemrograman. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini melibatkan 55 orang yang terdiri dari seorang ahli media, 3 orang ahli materi, 6 orang peserta didik pada uji coba satu-satu, 15 orang pesera didik pada uji coba kelompok kecil, dan 30 orang peserta didik pada ujiu coba lapangan. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Ponorogo. Data diperoleh melalui angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa software media pembelajaran apresiasi puisi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Rerata skor tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli materi sebesar 4,21 atau kategori sangat baik, validasi ahli media sebesar 3,80 atau kategori baik, pada uji coba satu-satu sebesar 4,39 atau kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 4,20 atau kategori sangat baik, dan uji coba lapangan sebesar 4,22 atau kategori sangat baik. Software media pembelajaran apresiasi puisi tersebut dapat diaplikasikan secara optimal dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media interaktif, apresiasi puisi, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25261

Actions (login required)

View Item View Item