Mawarni, Asmi (2012) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN MENULIS OPINI SISWA KELAS XI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Asmi Mawarni 08201244038.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan menulis opini siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan proses dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan proses serta membuktikan efektivitas pendekatan proses dalam pembelajaran menulis opini. Pendekatan proses membantu siswa mengatasi hambatan penulis. Pendekatan proses dapat memunculkan kreativitas siswa untuk mampu menguasai keterampilan menulis melalui tahapan-tahapan pendekatan proses dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 (sebagai kelas kontrol) dan XI IPA3 (sebagai kelas eksperimen) SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 20012/2013 yang terdiri atas 32 dan 31 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan pengumpulan data dilakukan dengan tes mengarang. Pelaksanaan penelitian diawali dengan pemberian pretest pada kedua kelompok. Setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran menulis opini dengan menggunakan pendekatan proses pada kelompok eksperimen dan pembelajaran menulis opini tanpa menggunakan pendekatan proses pada kelompok kontrol. Kemudian diakhiri dengan pemberian posttest pada kedua kelompok. Analisis data penelitian dilakukan dengan uji-t dan dilanjutkan dengan perhitungan nilai thitung. Untuk pengujian persyaratan analisis, normalitas data diuji dengan menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov yang dilakukan dengan kaidah Asymp Sig/ nilai p dengan ketentuan nilai sig > 0,05. Hasil perhitungan normalitas menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,200; 0,64; 0,200; dan 0,12 yang berarti p > 0,05 jadi data berdistribusi normal. Homogenitas diuji pada skor hasil pretest dan posttest dengan ketentuan jika nilai signifikansi hitung lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 (5%). Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,189; dan 0,173 yang berarti Sig.> 0,05 jadi hasil perhitungan menyatakan bahwa varians antarkelompok bersifat homogen. Hasil penelitian adalah: (1) ada perbedaan kemampuan menulis opini yang signifikan antara pembelajaran menulis opini yang menggunakan pendekatan proses dengan pembelajaran menulis opini yang tanpa menggunakan pendekatan proses dan (2) ada pengaruh kemampuan menulis opini yang efektif dan signifikan pada pembelajaran menulis opini yang menggunakan pendekatan proses. Selain itu, dilihat dari rerata posttest kelompok eksperimen sebesar 73,03 dan hasil perolehan skor kelompok kontrol diperoleh sebesar 61,72. Ini membuktikan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Berdasarkan besar thitung (th) adalah -9,188 pada signifikansi 5% dan nilai t tabel (ttb) sebesar 2,052. Nilai th tersebut lebih kecil dari nilai ttb pada signifikansi 5%, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh besar thitung (th) adalah 2,039 pada signifikansi 5% dan nilai t tabel (ttb) sebesar 2,042. Nilai th tersebut lebih kecil dari nilai ttb membuktikan bahwa pendekatan proses efektif digunakan untuk membantu pembelajaran menulis opini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, pendekatan proses, menulis opini, SMA |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 02:16 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 02:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25260 |
Actions (login required)
View Item |