UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XE SMA NEGERI 2 MAGELANG DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Akmalia, Anis (2012) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XE SMA NEGERI 2 MAGELANG DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anis Akmalia 08201244018.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XE SMA Negeri 2 Magelang dalam pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XE SMA Negeri 2 Magelang yang terdiri atas 31 siswa. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (planning), implementasi tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Tindakan yang diberikan kepada siswa berupa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, penilaian kemampuan menulis cerpen, angket, catatan lapangan, dokumentasi serta wawancara dengan guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data kualitatif yang berupa hasil observasi lapangan, catatan lapangan, dan wawancara. Analisis kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis cerpen siswa sebelum dan sesudah diberi tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan, rata-rata skor menulis cerpen pratindakan sebesar 50,67 (50,67%), meningkat pada siklus I menjadi 64,67 (64,67%), dan pada siklus II nilai rata-rata skor kembali meningkat menjadi 77,03 (77,03%). Jadi, kemampuan menulis cerpen siswa dari pretes sampai akhir siklus I mengalami peningkatan sebesar 14 (14%), dan dari siklus I sampai akhir siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,36 (12,36%). Berdasarkan perolehan skor di atas, dapat disimpulkan bahwa mulai dari sebelum tindakan hingga sesudah tindakan, nilai keterampilan menulis cerpen siswa telah mengalami peningkatan sebesar 26,36 (26,36%) yaitu dari skor 50,67 (50,67%) menjadi 77,03 (77,03%). Peningkatan proses dapat dilihat dari kondisi siswa yang menunjukkan perubahan perilaku positif. Pada siklus II, kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif. Siswa yang kurang termotivasi tampak lebih bersemangat, lebih percaya diri dan berperan aktif mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, karena dapat membantu siswa memunculkan potensi menulis dalam diri siswa dan mempermudah siswa dalam menemukan ide yang diambil dari masalah yang ada di sekitar mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis cerpen, strategi pembelajaran berbasis masalah, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25259

Actions (login required)

View Item View Item