Keefektifan Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah Ditinjau dari Prestasi Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Minat Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII

Purwanto, Tri (2015) Keefektifan Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah Ditinjau dari Prestasi Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Minat Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tri-purwanto-13709251084.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran kolaboratif berbasis masalah ditinjau dari prestasi belajar materi bangun ruang sisi datar, kemampuan komunikasi matematis, dan minat terhadap pembelajaran matematika siswa SMP Kelas VIII, (2) mengetahui keefektifan pembelajaran kolaboratif ditinjau dari prestasi belajar materi bangun ruang sisi datar, kemampuan komunikasi matematis, dan minat terhadap pembelajaran matematika siswa SMP Kelas VIII, dan (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan keefektifan antara pembelajaran kolaboratif berbasis masalah dengan pembelajaran kolaboratif ditinjau dari prestasi belajar materi bangun ruang sisi datar, kemampuan komunikasi matematis, dan minat terhadap pembelajaran matematika siswa SMP Kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest nonequivalent comparison-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Samarinda dan dipilih 2 kelas sebagai sampel dari 7 kelas yang ada. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi, tes kemampuan komunikasi matematis, dan angket minat siswa. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kolaboratif berbasis masalah dan pembelajaran kolaboratif terhadap prestasi belajar materi bangun ruang sisi datar, kemampuan komunikasi matematis, dan minat siswa. Data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Untuk mengetahui perbedaan keefektifan diukur dengan uji MANOVA dengan kriteria Hotelling’s Trace pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kolaboratif berbasis masalah efektif ditinjau dari prestasi belajar materi bangun ruang sisi datar, kemampuan komunikasi matematis, dan minat terhadap pembelajaran matematika siswa SMP Kelas VIII, (2) pembelajaran kolaboratif efektif ditinjau dari prestasi belajar materi bangun ruang sisi datar, kemampuan komunikasi matematis namun tidak efektif dtinjau dari minat terhadap pembelajaran matematika siswa SMP Kelas VIII, dan (3) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran kolaboratif berbasis masalah dan pembelajaran kolaboratif ditinjau dari prestasi belajar materi bangun ruang sisi datar, kemampuan komunikasi matematis, dan minat terhadap pembelajaran matematika siswa SMP Kelas VIII.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kolaboratif berbasis masalah, pembelajaran kolaboratif, prestasi belajar, komunikasi matematis, minat terhadap pembelajaran matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2015 08:39
Last Modified: 09 May 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25256

Actions (login required)

View Item View Item