Manda, Trysa Gustya (2015) Keefektifan Implementasi Pendekatan Scientific dengan Model Problem Based Learning dan Learning Cycle 5E ditinjau dari Ketercapaian Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan dan Keterampilan Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII Semester 2. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-trysa-gustya-manda-13709251069.swf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan implementasi pendekatan scientific dengan model problem based learning ditinjau dari ketercapaian sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan siswa pada materi bangun ruang sisi datar SMP Kelas VIII Semester 2, (2) keefektifan implementasi pendekatan scientific dengan model learning cycle 5E ditinjau dari ketercapaian sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan siswa pada materi bangun ruang sisi datar SMP Kelas VIII Semester 2, dan (3) perbedaan keefektifan implementasi pendekatan scientific dengan model problem based learning dan learning cycle 5E ditinjau dari ketercapaian sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan siswa pada materi bangun ruang sisi datar SMP Kelas VIII Semester 2. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan non equivalent (pre-test and post-test) group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 12 Padang. Sampel dipilih 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas VIII4 dan VIII5. Instrumen yang digunakan adalah angket sikap spiritual dan sikap sosial, tes pengetahuan, dan tes keterampilan. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan scientific dengan model problem based learning dan learning cycle 5E ditinjau dari ketercapaian sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan siswa, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Untuk mengetahui perbedaan keefektifannya diukur dengan uji MANOVA dengan kriteria Hotelling’s Trace pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pendekatan pendekatan scientific dengan model problem based learning dan learning cycle 5E efektif ditinjau dari ketercapaian sikap spiritual, sikap sosial, dan pengetahuan siswa, (2) implementasi pendekatan scientific dengan model problem based learning dan learning cycle 5E tidak efektif ditinjau dari keterampilan siswa, dan (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan implementasi pendekatan scientific dengan model problem based learning dan learning cycle 5E ditinjau dari ketercapaian sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan scientific, problem based learning, learning cycle 5E, sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 08:39 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |