Nuraeni, Zuli (2015) Kinerja Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Wonosobo Pasca Sertifikasi. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-zuli-nuraeni-13709251059.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru matematika SMK se-kabupaten Wonosobo pasca sertifikasi dalam: (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran, dan (4) pengembangan profesi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru Matematika SMK di Kabupaten Wonosobo yang telah lulus sertifikasi guru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket penilaian diri guru, lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar studi dokumen. Angket penilaian diri guru digunakan untuk mengungkap kinerja guru matematika SMK dalam perencanaan pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran, dan dalam penilaian pembelajaran serta untuk mengungkap kinerja guru dalam pengembangan profesinya pasca sertifikasi. Lembar observasi digunakan untuk mengungkap kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Pedoman wawancara digunakan untuk mencari informasi mengenai kinerja guru dalam penilaian pembelajaran. Lembar studi dokumen digunakan untuk mengungkap kinerja guru matematika dalam merencanakan pembelajaran dan membuat instrumen penilaian dan kinerja guru matematika dalam pengembangan profesi. Analisis data yang digunakan adalah dengan mengkategorikan kecenderungan kinerja ke dalam 5 kelompok yaitu Sangat Baik, Baik, Cukup Baik, Kurang Baik, dan Sangat Kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kinerja guru matematika SMK se-Kabupaten Wonosobo pasca sertifikasi dalam perencanaan pembelajaran termasuk kategori baik; (2) Kinerja guru matematika SMK se-Kabupaten Wonosobo pasca sertifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik; (3) Kinerja guru matematika SMK se-Kabupaten Wonosobo pasca sertifikasi dalam penilaian pembelajaran termasuk kategori sangat baik; dan (4) Kinerja guru matematika SMK se-Kabupaten Wonosobo pasca sertifikasi dalam pengembangan profesi termasuk kategori sangat kurang dan perlu ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja guru, sertifikasi, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, pengembangan profesi |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 08:39 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |