Novianti, Linda (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN ROTATING ROLES PADA SISWA KELAS VIII D SMP N 2 SENTOLO KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Linda Novianti 07201244019.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik pembelajaran rotating roles dapat meningkatkan keterampilan bermain drama siswa kelas VIII D SMP N 2 Sentolo, Kulon Progo. Teknik pembelajaran rotating roles merupakan bagian dari strategi pembelajaran aktif yang bertujuan untuk mengaktifkan peran siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru Bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 2 Sentolo, Kulon Progo, dan objek penelitian ini adalah keterampilan bermain drama siswa dengan menggunakan teknik rotating roles. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, tes praktik bermain drama, dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan catatan lapangan, lembar pengamatan, angket, dan lembar penilaian. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas, yakni validitas demokratis, validitas hasil, validitas proses dan validitas dialogis, untuk mencapai reliabilitas data dilakukan dengan cara menyajikan data asli hasil penelitian, seperti catatan lapangan dan transkrip wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik pembelajaran rotating roles mampu meningkatkan keterampilan bermain drama siswa kelas VIII D SMP N 2 Sentolo, Kulon Progo. Berdasarkan catatan lapangan dan pedoman pengamatan, terjadi perubahan siswa ke arah positif. Peningkatan keterampilan bermain drama dilihat dari dua hal, yaitu keberhasilan proses dan produk. Keberhasilan proses dapat dilihat dari perubahan sikap siswa setelah diadakan implementasi tindakan, siswa lebih aktif, bersemangat, berani mengemukakan pendapat, dan mampu bekerja sama dengan siswa lain. Keberhasilan produk dilihat dari tes praktik bermain drama. Nilai rata-rata bermain drama siswa sebelum implementasi tindakan sebesar 49,46, siklus I sebesar 63,5 dan pada siklus II sebesar 78,14. Data tersebut menunjukkan bahwa keterampilan bermain drama siswa dari pratindakan ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 28,68. Beberapa aspek yang menunjukkan peningkatan paling signifikan adalah aspek ekspresi, gerak, dan intonasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bermain drama, rotating roles, SMP |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 01:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 02:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25241 |
Actions (login required)
View Item |