KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN FEATURE KEMANUSIAAN PADA KORAN TEMPO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SUGESTIF KELAS X SMA NEGERI 1 NGEMPLAK YOGYAKARTA

Supendi, Iwan (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN FEATURE KEMANUSIAAN PADA KORAN TEMPO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SUGESTIF KELAS X SMA NEGERI 1 NGEMPLAK YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Iwan Supendi 05201244098.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Ada dua tujuan mendasar yang ingin dicapai dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan kemampuan menulis narasi sugestif antara kelompok siswa yang diajar menggunakan feature kemanusiaan dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan media feature kemanusiaan dalam pembelajaran menulis narasi sugestif, dan (2) keefektifan media feature kemanusiaan dalam pembelajaran menulis narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Yogyakarta. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas berupa media feature kemanusiaan dan variabel terikat berupa keterampilan menulis narasi sugestif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas XB (eksperimen) dan kelas XC (kontrol). Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cornbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai Cronbach’s alpha adalah sebesar 0,839 (> 0,7), maka instrumen tersebut reliabel. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor tes akhir (posttest) antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa (1) skor t hitung sebesar 9.306 dengan db 70 dan peluang galat sebesar 0,000. Skor t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel, (th = 9.306 > tt = 1,980), dengan demikian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, (2) Skor p (peluang galat) lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Hasil penghitungan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menulis narasi sugestif dengan menggunakan media feature kemanusiaan lebih efektif dari pada pembelajaran menulis narasi sugestif tanpa menggunakan media feature kemanusiaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: narasi sugestif, feature kemanusiaan, keefektifan, media pembelajaran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 19 Aug 2015 08:04
Last Modified: 30 Jan 2019 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25225

Actions (login required)

View Item View Item