UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PENDEK MELALUI TEKNIK SIMULASI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI

Marista, Farah Arum Winda (2012) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PENDEK MELALUI TEKNIK SIMULASI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Farah Arum Winda M 08201244025.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan teknik simulasi pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali yang berjumlah 36 siswa. Model yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan penelitian ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan angket, observasi, catatan lapangan, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan ditentukan berdasarkan proses dan produk. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (hasil, proses, dan demokratis) dan reliabilitas (angket, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi foto). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan teknik simulasi dapat meningkatkan pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali. Peningkatan pembelajaran siswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan dan antusias siswa ketika melakukan penulisan, sehingga menciptakan suasana diskusi yang aktif, menyenangkan, dan tidak membosankan bagi siswa. Peningkatan proses berpengaruh terhadap peningkatan masing-masing aspek yang menjadikan hasil naskah drama lebih baik dari pratindakan hingga siklus II. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor dan nilai rata-rata dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan. Total skor tertinggi semua aspek sebesar 30. Nilai rata-rata pada saat sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 53,36. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 67,38 dan pada siklus II sebesar 75,19. Kenaikan nilai rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 21,83. Dari hasil penelitian di atas diketahui bahwa penggunaan teknik simulasi ini, dinilai berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis, naskah drama, teknik simulasi, siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 19 Aug 2015 07:58
Last Modified: 30 Jan 2019 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item View Item