HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO

Laely Eka Susanty, Laely (2015) HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Laely Eka Susanty.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) hubungan antara latar belakang pendidikan orang tua dengan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 2) hubungan antara kondisi ekonomi orang tua dengan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 3) hubungan antara latar belakang pendidikan orang tua dan kondisi ekonomi orang tua dengan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2014-2015 sebanyak 168 dengan sampel sebesar 114 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner tertutup. Uji coba instrument menggunakan Uji validitas dengn rumus korelasi product moment dari pearson dan uji reliabilitas dengan prosedur test-retest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji persyaratan analisis terhadap data penelitian, yaitu uji linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dengan motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) dengan koefisein korelasi sebesar 0,650. 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kondisi ekonomi orang tua dengan motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) dengan koefisein korelasi sebesar 0,625 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan dan kondisi ekonomi orang tua secara bersama-sama dengan motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) dengan koefisein korelasi sebesar 0,762.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25219

Actions (login required)

View Item View Item