AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA, PENDIDIKAN DAN BUDAYA DI MUSEUM BENTENG VREDEBURG DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Effid Laksana Putra, Effid (2015) AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA, PENDIDIKAN DAN BUDAYA DI MUSEUM BENTENG VREDEBURG DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Effid Laksana Putra.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas public relations untuk meningkatkan daya tarik wisata, pendidikan dan budaya di Museum Benteng Vredeburg DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Informan penelitian terdiri dari informan kunci yaitu koordinator humas dan pemasaran Museum Benteng Vredeburg DIY dan informan pendukung yaitu personil koordinator humas dan kurator. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap dengan langkah-langkah adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian aktivitas public relations di Museum Benteng Vredeburg DIY untuk meningkatkan daya tarik wisata pendidikan dan budaya sebagai berikut: (1) Meningkatkan kerjasama; (2) Mengoptimalkan media sosial; (3) Seminar dan pameran museum; (4) Memperbaiki sarana prasarana dan fasilitas;(5) Membangun citra museum sebagai sumber belajar. Kendala yang sering dihadapi yaitu kekurangan pemandu saat ramai pengunjung, sehingga humas ikut memandu pengunjung yang datang. Evaluasi program humas dilakukan secara efektif. Hal ini terlihat dari beberapa saran yang disampaikan oleh pihak museum dandari masyarakat untuk perbaikan pelayanan Museum Benteng Vredeburg DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25213

Actions (login required)

View Item View Item