ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI BANYUMAS TAHUN AJARAN 2014/2015

Nurliyanto, Dian (2015) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI BANYUMAS TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
15. FULL SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kualitas butir soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri Banyumas Tahun Ajaran 2014/2015 yang ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan pola sebaran jawaban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri Banyumas yang berjumlah 112 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data dianalisis dengan program Anates versi 4.0.9. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) validitas soal pilihan ganda menunjukkan bahwa 27 soal (77%) valid, dan 8 soal (23%) tidak valid, kemudian validitas soal uraian menunjukkan bahwa 5 soal (100%) valid; (2) Reliabilitas soal pilihan ganda dinyatakan tidak reliabel dengan nilai 0,66 dan soal uraian dinyatakan tidak reliabel dengan nilai 0,52; (3) Tingkat kesukaran soal pilihan ganda menunjukkan bahwa 5 soal (14,3%) dalam kategori susah, 11 soal (31,4%) dalam kategori sedang, dan 19 soal (52,3%) dalam kategori mudah. Tingkat kesukaran uraian menunjukkan bahwa 3 soal (60%) dalam kategori sedang, dan 2 soal (40%) dalam kateogri mudah; (4) Daya pembeda soal pilihan ganda menunjukkan bahwa 10 soal (28,6%) dalam kategori buruk, 19 soal (54,3%) dalam kategori cukup, dan 6 soal (17,1%) dalam kategori baik. Daya pembeda uraian menunjukkan bahwa 1 soal (20%) dalam kategori buruk, dan 1 soal (20%) dalam kateogri cukup, dan 3 soal (60%) dalam kategori baik; (5) Pola sebaran jawaban pilihan ganda menunjukkan bahwa 5 soal (14,3%) sangat baik, 10 soal (28,6%) baik, 5 soal (14,3%) cukup baik, 11 soal (31,4%) kurang baik dan 4 soal (11.4%) tidak baik; (6) Analisis soal berdasarkan validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan pola sebaran jawaban menunjukkan bahwa 10 soal (28,57%) dalam kategori baik, 6 soal (17,14%) dalam kategori kurang baik dan 19 soal (54,29%) dalam kategori tidak baik. Hasil berikutnya yaitu untuk soal uraian terdapat 3 soal (60%) dalam kategori baik, 1 soal (20%) dalam kategori kurang baik dan 1 soal (20%) dalam kategori tidak baik. Kata Kunci : Analisis butir soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Pola Sebaran Jawaban

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25211

Actions (login required)

View Item View Item