PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI AFEKTIF DI SEKOLAH DASAR

Ermawan, Susanto, M.Pd. and Drs. Agus S., Suryobroto, M.Pd. and Drs. AM. Bandi, Utama, M.Pd. (2012) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI AFEKTIF DI SEKOLAH DASAR. Artikel Penelitian Unggulan UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian unggulan UNY selama dua tahun (2011-2012) yang telah mengidentifikasi pembelajaran Penjasorkes berbasis karakter di sekolah dasar. Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran Penjasorkes berbasis karakter yang berpeluang membelajarkan siswa pada nilai-nilai afektif. Tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1)mengidentifikasi kompetensi pedagogik guru pendidikan jasmani, (2) mengidentifikasi tingkat pemahaman guru terhadap pembelajaran Penjasorkes berbasis karakter, (3)mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang muncul dalam proses pembelajaran, (4)mengembangkan desain model pembelajaran Penjasorkes berbasis karakter, dan (5)menguji keefektifan penerapan desain model pembelajaran karakter yang terintegrasi dalam pendidikan jasmani sekolah dasar. Untuk mencapai target tersebut, penelitian dirancang melalui penelitian pengembangan, melalui lima tahapan: Melakukan analisis produk; Mengembangkan produk awal; Validasi ahli; Ujicoba skala kecil; Revisi produk; Ujicoba skala besar. Subyek penelitian adalah ahli pendidikan karakter dan pendidikan jasmani sekolah dasar. Ujicoba skala kecil dilakukan di tiga sekolah dasar dengan 60 orang sebagai subyek. Ujicoba skala besar dilakukan di 6 sekolah dasar dengan 120 orang sebagai subyek. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan atau lembar evaluasi produk yang disusun sendiri oleh peneliti. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa modul yang dikembangkan dalam dua macam bentuk. Modul pertama berisi tentang hakekat pendidikan karakter secara umum yang diperuntukan bagi guru penjas. Modul ini berisi tentang konsep pendidikan karakter dan kegiatan belajar. Modul kedua berisi tentang proses pembelajaran penjasorkes berbasis karakter. Respon siswa setelah menggunakan produk modul pembelajaran p e n j a s o r k e s b e r b a s i s k a r a k t e r menunjukkan bahwa dari 120 siswa, menurut rater 1 yang termasuk dalam kategori baik berjumlah 44 siswa atau sekitar 36 %, kategori sedang berjumlah 58 siswa atau sekitar 49 %, dan kategori kurang berjumlah 1 8 siswa atau sekitar 15%. Menurut rater 2 yang termasuk dalam kategori baik berjumlah 42 siswa atau sekitar 35 %, kategori sedang berjumlah 6 3 siswa atau sekitar 52 %, dan kategori kurang berjumlah 15 siswa atau sekitar 13 %. Menurut rater 3 yang termasuk dalam kategori baik berjumlah 45 siswa atau sekitar 38 %, kategori sedang berjumlah 58 siswa atau sekitar 49 %, dan kategori kurang berjumlah 17 siswa atau sekitar 13 %. Dilihat dari hasil respon siswa setelah menggunakan modul pembelajaran pe nj as or ke s be r ba s i s ka r a kt e r di atas, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa dapat menggunakan modul pembelajaran ini.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2012
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani, olahraga, karakter, nilai-nilai afektif, sekolah dasar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:46
Last Modified: 19 Aug 2015 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25205

Actions (login required)

View Item View Item