PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DI JOGJATRONIK MALL YOGYAKARTA

Arif Subekti, Arif (2015) PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DI JOGJATRONIK MALL YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Arif Subekti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di Jogjatronik Mall Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Jogjatronik Mall Yogyakarta Jalan Brigjen Katamso No 75-77 Yogyakarta. Informan penelitian terdiri dari informan kunci yaitu Kepala Corporate Secretary unit kerja Corporate Secretary serta informan pendukung yaitu Sekretaris Direksi dan Resepsionis di unit kerja Corporate Secretary. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis model interaktif, adapun langkah-langkah dengan model ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan surat masuk dan surat keluar di Jogjatronik Mall Yogyakarta belum dilaksanakan secara optimal disebabkan oleh : (1) Petugas tidak menyortir surat masuk berdasarkan klasifikasi surat biasa maupun penting,(2) Petugas surat tidak menggunakan buku ekspedisi pada saat pendistribusian surat, (3) Tidak ada pencatatan surat keluar pada buku agenda, (4) kurangnya jumlah personil atau sumber daya manusia dalam pengelolaan surat; (5) terbatasnya peralatan penyimpanan surat atau dokumen terutama filing cabinet; (6) terbatasnya ruang penyimpanan surat sehingga bertambahnya volume surat secara terus menerus mengakibatkan tempat dan peralatan penyimpanan yang tersedia tidak dapat menampung surat; (7) belum tercukupinya sarana ruang kantor yang memadai. Cara mengatasi masalah dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar yaitu : (1) penambahan ruang penyimpanan surat bagi Unit kerja Corporate Secretary, (2) penambahan jumlah fasilitas penyimpanan surat yaitu filing cabinet, (3) memberikan pelatihan khusus pengelolaan surat masuk dan surat keluar kepada pegawai di unit kerja Corporate Secretary.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:30
Last Modified: 30 Jan 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25162

Actions (login required)

View Item View Item