IMPLEMENTASI ADOBE DREAMWEAVER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING DAN TRANSMISI KELAS XI KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Darmawan, Darmawan (2015) IMPLEMENTASI ADOBE DREAMWEAVER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING DAN TRANSMISI KELAS XI KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Darmawan 10504244003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI ADOBE DREAMWEAVER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING DAN TRANSMISI KELAS XI KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Darmawan 10504244003 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah implementasi Adobe Dreamweaver dan bagaimana tanggapan siswa terhadap implementasi Adobe Dreamweaver pada mata pelajaran Perbaikan Sistem Kopling dan Transmisi. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas XI jurusan teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan Adobe Dreamweaver. Guru menjelaskan materi dengan bantuan media teks, gambar, animasi dan video yang ada pada Adobe Dreamweaver. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus pada kompetensi perbaikan sistem kopling dan transmisi. Data penelitian ini meliputi hasil tes kemampuan kognitif dan tanggapan siswa. Teknik pengumpulan data kemampuan kognitif siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal tes obyektif pilihan ganda dan data tanggapan siswa melalui angket kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Peningkatan prestasi belajar siswa setelah implementasi Adobe Dreamweaver adalah kenaikan pada tiap-tiap siklus. Pada pra tindakan ke siklus I rerata prestasi belajar siswa 6,09 dengan tingkat kelulusan 21,42%. Dari siklus I ke siklus II rerata prestasi belajar siswa sebesar 7,20 dengan tingkat kelulusan 67,86%. Kemudian pada siklus II ke siklus III rerata prestasi belajar siswa sebesar 7,25 dengan tingkat kelulusan 71,42%. Pada siklus III rerata prestasi belajar siswa sebesar 7,5 dengan tingkat kelulusan 96,15%. Dengan demikian rerata prestasi belajar siswa pada siklus I meningkat 1,11 poin dibandingkan dengan pra tindakan, rerata prestasi belajar siswa pada siklus II meningkat 0,05 poin dibandingkan dengan siklus I, sedangkan rerata prestasi belajar siswa pada siklus III meningkat 0,25 dibandingkan dengan siklus II. Tingkat kelulusan pada siklus I meningkat 46,44% dibandingkan pra tindakan, pada siklus II meningkat 3,56% dibandingkan siklus I, sedangkan pada siklus III meningkat 24,73%. Tanggapan siswa mengenai Adobe Dreamweaver adalah 100% menyenangkan dan dapat membantu memahami materi pelajaran, akan tetapi 77% masih membutuhkan penjelasan dari guru. Kata Kunci: Adobe Dreamweaver, prestasi belajar, sistem Kopling dan Transmisi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Aug 2015 02:42
Last Modified: 30 Jan 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25160

Actions (login required)

View Item View Item