METODE-METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI KOTA YOGYAKARTA

Widiyanti, Reny Amalia (2010) METODE-METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU MATEMATIKA SMP NEGERI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
reny_amalia.doc

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan metode-metode pembelajaran yang digunakan guru matematika SMP Negeri Kota Yogyakarta, (2) mendeskripsikan kendala/kesulitan yang dihadapi guru dalam melaksanakan metode pembelajaran, (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling. Sampel penelitian ini adalah 25 guru matematika SMP Negeri Kota Yogyakarta, beserta 10 siswa dimana guru tersebut mengajar pada tahun ajaran 2009/2010. Data siswa yang terkumpul sebanyak 247 orang. Tempat penelitian adalah di 16 SMP Negeri Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian terdiri dari angket untuk guru dan siswa tentang metode pembelajaran yang digunakan serta telaah RPP. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kemudian dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru matematika SMP Negeri Kota Yogyakarta dalam kegiatan pembelajaran telah membuat siswa aktif dengan menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, diantaranya; metode penemuan, tanya jawab, permainan, pemberian tugas, pemecahan masalah, dan diskusi. Hasil angket menunjukkan rata-rata 74 % dan telaah RPP menunjukkan rata-rata 65,2 % guru yang menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa; (2) Kendala yang dialami guru matematika SMP Negeri Kota Yogyakarta dalam melaksanakan metode pembelajaran yaitu terbatasnya waktu, terbatasnya alat atau media pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, terbatasnya sarana dan prasarana, kemampuan siswa yang heterogen, penggunaan metode yang tepat untuk setiap materi yang berbeda, siswa tidak aktif dalam pembelajaran, jumlah siswa yang terlalu banyak dalam satu kelas, dan sulit mengkondisikan siswa agar bekerjasama saat belajar dalam kelompok; (3) Upaya yang dilakukan guru matematika SMP Negeri Kota Yogyakarta dalam mengatasi kendala tersebut yaitu dengan membuat alat peraga sendiri, menggunakan metode yang bervariasi, menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk setiap materi yang berbeda, mengatur waktu dengan baik, memaksimalkan pemanfaatan alat atau media pembelajaran yang ada, membuat siswa aktif dengan berdiskusi kelompok, memotivasi siswa untuk bekerja sama dengan siswa lain dalam kelompok, memberi tugas siswa untuk mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dipelajari, menyediakan sarana dan prasarana, membuat kelompok siswa secara tetap agar tidak menyita waktu, membuat kelompok yang terdiri dari siswa yang mempunyai kemampuan beragam, membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan siswa diberi tugas supaya banyak latihan soal di rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Editor Pendidikan Matematika
Date Deposited: 23 Jul 2012 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 15:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2515

Actions (login required)

View Item View Item