Nasiah, Siti (2015) Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Koneksi Matematis Siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-siti-nasiah-11709251015.swf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan brain-based learning (BBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas diambil secara acak dua kelas sebagai sampel. Kelas VIIIA diberi perlakuan dengan brain-based learning, sedangkan kelas VIIIB diberi perlakuan secara konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis dengan koefisien reliabilitas r = 0,734; 0,815 dan Standard Error of Measurement (SEM) = 1,140; 5,495. Data dianalisis menggunakan uji statistic Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan brain-based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Berdasarkan analisis yang dilakukan, pembelajaran matematika menggunakan pendekatan brain-based learning lebih unggul daripada pendekatan konvensional dalam hal kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan brain-based learning, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan koneksi matematis |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 02:30 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |