Perbandingan antara Keefektifan Model Guided Discovery Learning dan Project-Based Learning pada Matakuliah Geometri Ruang Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kepercayaan Diri, dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Jenjang S1 Universitas Ahmad Dahlan

Imawan, Okky riswandha (2015) Perbandingan antara Keefektifan Model Guided Discovery Learning dan Project-Based Learning pada Matakuliah Geometri Ruang Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kepercayaan Diri, dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Jenjang S1 Universitas Ahmad Dahlan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-okky-riswandha-mawan-13709251050.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dan perbedaan keefektifan antara Model Guided Discovery Learning (GDL) dan Model Project- Based Learning (PjBL) ditinjau dari: (a) prestasi belajar, (b) kepercayaan diri, dan (c) keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah geometri ruang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah dua kelas mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan semester 2 yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes untuk variabel prestasi belajar dan keterampilan berpikir kritis, serta angket untuk variabel kepercayaan diri. Hasil ujicoba instrumen menunjukkan bahwa reliabilitas instrumen pretest dan posttest prestasi belajar dalam ketegori tinggi, yaitu dengan skor 0,671 dan 0,623. Selain itu, hasil ujicoba instrumen menunjukkan bahwa reliabilitas instrumen kepercayaan diri dalam ketegori tinggi, yaitu dengan skor 0,778. Sementara itu, hasil ujicoba instrumen menunjukkan bahwa reliabilitas instrumen pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis dalam ketegori sedang, yaitu dengan skor 0,56 dan 0,56. Dengan demikian semua instrumen penelitian layak untuk digunakan dalam penelitian. Analisis data untuk menguji keefektifan Model GDL dan Model PjBL ditinjau dari masing-masing variabel terikat menggunakan Uji t. Sedangkan teknik analisis data untuk menguji perbedaan antara keefektifan Model GDL dan Model PjBL menggunakan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ditinjau dari (a) prestasi belajar, (b) kepercayaan diri, dan (c) keterampilan berpikir kritis mahasiswa: penerapan Model GDL pada matakuliah Geometri Ruang efektif, (2) penerapan Model PjBL pada matakuliah Geometri Ruang efektif, dan (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan Model GDL dan Model PjBL pada matakuliah Geometri Ruang

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model guided discovery learning, model project-based learning, prestasi belajar, kepercayaan diri, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:30
Last Modified: 09 May 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25142

Actions (login required)

View Item View Item