Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Sikap terhadap Matematika Siswa SMP Kelas VIII Semester 2

Rusnilawati, Rusnilawati (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Sikap terhadap Matematika Siswa SMP Kelas VIII Semester 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rusnilawati-13709251037.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bercirikan Active Knowledge Sharing dengan pendekatan saintifik dalam upaya meningkatkan pengetahuan, kemampuan pemecahan masalah, dan sikap terhadap matematika siswa SMP Kelas VIII Semester 2 yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi: 1) silabus; 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan 3) Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas, serta uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa, angket penilaian guru, tes pengetahuan, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket sikap terhadap matematika. Subjek uji coba penelitian yaitu 54 siswa (26 siswa dari kelas VIII-F dan 28 siswa dari kelas VIII-G) dan dua guru di SMP Negeri 1 Mijen Demak. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika bercirikan Active Knowledge Sharing dengan pendekatan saintifik berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif. Kepraktisan dilihat dari hasil penilaian guru dan peserta didik, serta rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran. Kepraktisan pada uji coba terbatas mencapai kategori minimal baik dengan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 79,5% sedangkan pada uji coba lapangan mencapai kategori sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan 90,4%. Keefektifan terlihat dari hasil tes pengetahuan, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket sikap terhadap matematika. Terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas pada tes pengetahuan dan tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan hasil pretest dan posttest. Ketuntasan belajar secara klasikal sudah mencapai kriteria minimal 80% yaitu untuk tes pengetahuan mencapai 97,2% sedangkan tes pemecahan masalah mencapai 95,4%. Berdasarkan angket sikap terhadap matematika, 98,1% siswa menunjukkan peningkatan skor sikap terhadap matematika, dan 94,4% siswa menunjukkan sikap terhadap matematika dengan kategori minimal baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, active knowledge sharing, saintifik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:30
Last Modified: 09 May 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25141

Actions (login required)

View Item View Item