Parjo, Parjo (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas IX Semester Genap dengan Pendekatan Saintifik. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-parjo-13709259001.swf Download (15MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas IX semester genap dengan pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model Borg & Gall. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif adalah Penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi draf 1, uji coba terbatas, revisi draf 2, uji coba lapangan, revisi draf 3, desiminasi. Subjek uji coba penelitian ini terdiri atas 12 siswa pada uji coba terbatas, 34 siswa pada uji coba lapangan, dan dua orang guru kelas IX SMP Negeri 2 Jiken, Blora. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian perangkat pembelajaran oleh guru, lembar penilaian LKS oleh siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen penilaian. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran matematika SMP kelas IX semester genap dengan pendekatan saintifik yang meliputi: RPP, LKS, dan instrumen penilaian. Hasil penilaian kevalidan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian validator. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan penilaian terhadap RPP pada kategori “sangat baik” berdasarkan penilaian dari guru, penilaian terhadap LKS pada kategori “sangat baik” berdasarkan penilaian dari guru dan siswa, dan penilaian terhadap instrumen penilaian pada kategori “sangat baik” berdasarkan penilaian guru. RPP dan LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil belajar siswa menyatakan bahwa 100 % siswa dinyatakan tuntas dalam penilaian kompetensi sikap, 82,35% siswa dinyatakan tuntas dalam penilaian kompetensi pengetahuan, dan 85,29% siswa dinyatakan tuntas dalam penilaian kompetensi keterampilan. Instrumen penilaian yang dikembangkan memenuhi kriteria reliabel berdasarkan nilai reliabilitas instrumen penilaian pengetahuan dan keterampilan masing-masing 0,69 dan 0,68. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran matematika kelas IX semester genap dengan pendekatan saintifik memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 00:19 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |