Pengembangan Bahan Ajar Materi PLSV Kelas VII dengan Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Pesantren

Sa'adah, Nihayatus (2015) Pengembangan Bahan Ajar Materi PLSV Kelas VII dengan Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Pesantren. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nihayatus-saadah-13709251036.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) kelas VII SMP dengan menggunakan pendekatan PMRI berkonteks pesantren yang valid, praktis, dan efektif. Bahan ajar yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian pengembangan ini mengacu pada tiga tahap pengembangan Plomp yaitu penelitian awal (analisis masalah dan studi pustaka), pengembangan (penyusunan produk awal dan validasi), dan penilaian (uji coba terbatas dan lapangan). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar angket respon guru, lembar angket respon siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi, dan angket minat. Analisis data untuk kriteria kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi skor rata-rata hasil penilaian menjadi data kualitatif skala lima. Sedangkan untuk kriteria keefektifan dilakukan dengan cara dinilai berdasarkan pedoman penskoran yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis validasi untuk masing-masing produk yang mendapatkan kriteria sangat valid dan kriteria kepraktisan terlihat dari hasil penilaian dari guru dan siswa yang mendapatkan kriteria praktis serta tingkat keterlaksanaan pembelajarannya sebesar 94,15% melebihi dari 85%. Untuk kriteria keefektifan, bahan ajar yang dikembangkan efektif bila ditinjau dari minat siswa namun belum efektif bila ditinjau dari prestasi siswa. Beberapa revisi lagi telah dilakukan pada LKS dan telah dinilai oleh para ahli melalui proses Focus Group Discussion (FGD). Hasil revisi tersebut diprediksi dapat memenuhi kriteria keefektifan, meskipun belum didukung oleh data empiris.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, pendekatan PMRI berkonteks pesantren
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Aug 2015 00:20
Last Modified: 09 May 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25139

Actions (login required)

View Item View Item