Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Group Investigation (GI) pada Materi Pokok Statistika Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Komunikasi, dan Rasa Ingin Tahu terhadap Matematika Siswa SMA

Muslim, Muslim (2015) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Group Investigation (GI) pada Materi Pokok Statistika Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Komunikasi, dan Rasa Ingin Tahu terhadap Matematika Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muslim-13709251061.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TAI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi, dan rasa ingin tahu terhadap matematika siswa kelas XI IPA SMA, (2) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi, dan rasa ingin tahu terhadap matematika siswa kelas XI IPA SMA, dan (3) pembelajaran yang lebih efektif antara model kooperatif tipe TAI dan GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi, dan rasa ingin tahu terhadap matematika siswa kelas XI IPA SMA. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan the pretest-posttest non equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Belo Bima Provinsi NTB. Sampel penelitian dipilih 2 kelas dari 3 kelas yang ada. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar, tes kemampuan komunikasi, dan angket rasa ingin tahu siswa terhadap matematika. Untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi, dan rasa ingin tahu siswa, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Untuk mengetahui perbedaan keefektifan diukur menggunakan uji MANOVA dengan uji Hotelling’s Trace pada taraf signifikansi 5% dan untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi, dan rasa ingin tahu terhadap matematika siswa kelas XI IPA SMA, (2) model pembelajaran kooperatif tipe GI efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi, dan rasa ingin tahu terhadap matematika siswa kelas XI IPA SMA, dan (3) model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan dengan tipe GI ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematika, namun tidak lebih efektif ditinjau dari rasa ingin tahu terhadap matematika siswa kelas XI IPA SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, team assisted individualization, group investigation, prestasi belajar, kemampuan komunikasi, rasa ingin tahu
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Aug 2015 00:19
Last Modified: 09 May 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25138

Actions (login required)

View Item View Item