Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berorientasi pada Pencapaian Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Siswa SMP Kelas VII

Purnomo, Mega Eriska Rosaria (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berorientasi pada Pencapaian Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Siswa SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mega-eriska-rosaria-purnomo-13709251064.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan POGIL yang berkualitas baik. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi Kelas VII semester 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan adalah model Plomp yang terdiri dari fase penelitian awal, pengembangan, dan penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, angket penilaian siswa, tes, angket sikap, dan lembar observasi sikap. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif skala lima. Analisis data keefektifan berdasarkan hasil tes dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan belajar siswa dan untuk hasil angket dan observasi sikap dilakukan dengan cara menentukan persentase banyak siswa pada masing-masing kategori. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan terdiri dari RPP dan LKS. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid untuk masing-masing RPP dan LKS. Hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran mencapai kategori sangat praktis untuk penilaian guru dan kategori praktis untuk hasil observasi keterlaksanaan proses pembelajaran dan penilaian siswa. Perangkat pembelajaran juga mencapai kategori efektif berdasarkan hasil tes hasil belajar, angket kompetensi inti sikap spiritual, serta angket kompetensi inti sikap sosial. Secara klasikal ketuntasan tes hasil belajar pada kompetensi inti pengetahuan mencapai 80% dan pada kompetensi inti keterampilan mencapai 83%. Sementara ketercapaian hasil angket kompetensi inti sikap spiritual 100% siswa berada pada kategori sangat tinggi. Hasil angket kompetensi inti sikap sosial 31% siswa berada pada kategori sangat tinggi dan 69% siswa berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, POGIL, kompetensi inti Kurikulum 2013
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Aug 2015 00:19
Last Modified: 09 May 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25133

Actions (login required)

View Item View Item