Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester Genap dengan Pendekatan Saintifik

Maprokhi, Maprokhi (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester Genap dengan Pendekatan Saintifik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maprokhi-13709259014.swf

Download (36MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap dengan pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari empat tahap: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Uji coba terbatas sembilan siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Bumijawa Kabupaten Tegal yang mewakili siswa yang memiliki kemampuan kategori tinggi, sedang dan rendah, dan melibatkan seorang guru sebagai penyaji. Uji coba lapangan melibatkan 24 siswa kelas VIIID SMP Negeri 4 Bumijawa Kabupaten Tegal, dan dua orang guru sebagai penyaji dan pengamat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen penilaian kompetensi. Penelitian menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas RPP, LKS dan instrumen penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Semua perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan ditunjukkan dari persentase penilaian ahli yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Kriteria kepraktisan berdasarkan penilaian oleh guru, penilaian oleh siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran. Penilaian oleh guru termasuk ke dalam kategori sangat baik. Persentase siswa yang menilai minimal kategori baik mencapai 100%. Persentase keterlaksanaan pembelajaran setiap pertemuan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan. Kriteria keefektifan berdasarkan hasil belajar siswa pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Persentase siswa yang mencapai KKM untuk aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan masing-masing mencapai 100%; 87,50%; dan 79,17%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan. Jadi, produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kualitas: valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Aug 2015 00:19
Last Modified: 09 May 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25130

Actions (login required)

View Item View Item