PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JAWA SISWA KELAS XI SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Saputra, Nugroho Imam (2013) PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JAWA SISWA KELAS XI SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nugroho Imam Saputro 08205244031.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata bahasa Jawa dan faktor yang mendukung dalam pemerolehan bahasa Jawa siswa kelas XI SMA Al-Muayyad Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini penting dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa Jawa siswa kelas, sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk menentukan media dan teknik pembelajaran yang tepat. Sumber data penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al-Muayyad Surakarta tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah total 31 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dalam penyajian data. Adapun objek yang diteliti adalah penguasaan kedudukan kosakata bahasa Jawa, penguasaan kosakata dasar bahasa Jawa, penguasaan kosakata pasif bahasa Jawa dan faktor yang mendukung pemerolehan bahasa Jawa siswa kelas XI SMA Al-Muayyad tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes pilihan, tes uji rumpang dan angket yang telah dikonsultasikan dengan ahli materi serta uji validitas menggunakan metode validitas product moment pearson, dan uji reliabilitas menggunakan metode cronbach’s alpha. Teknik analisis data menggunakan metode statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dan hasil penelitian, ditemukan bahwa siswa memiliki kemampuan penguasaan kedudukan kosakata bahasa Jawa dengan rata-rata nilai 71,29 (menguasai), penguasaan kosakata dasar bahasa dengan rata-rata nilai 46,93 (cukup menguasai), penguasaan kosakata pasif bahasa Jawa rata-rata nilai siswa 21,29 (kurang menguasai). Dari nilai-nilai tersebut, secara keseluruhan nilai penguasaan kosakata bahasa jawa siswa 46,5 (cukup menguasai). Secara keseluruhan nilai tersebut menunjukkan siswa cukup menguasai, namun masih perlu adanya upaya peningkatan kemampuan berbahasa Jawa siswa. Faktor yang mendukung siswa dalam pemerolehan kosakata bahasa Jawa di pesantren adalah kegiatan pengkajian kitab dan intensitas penggunaan bahasa Jawa oleh siswa. Faktor yang mendukung pemerolehan bahasa Jawa siswa di sekolah adalah guru dan siswa, faktor kebahasaan seperti intensitas penggunaan bahasa Jawa siswa, dan faktor non-kebahasaan siswa seperti sikap siswa saat kegiatan belajar mengajar. Selain di sekolah dan di pesantren, faktor yang mendukung pemerolehan bahasa Jawa juga diperoleh di lingkungan tempat tinggal, seperti keterbiasaan berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa saat berada di lingkungan tempat tinggal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Bahasa Jawa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 18 Aug 2015 11:43
Last Modified: 30 Jan 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25126

Actions (login required)

View Item View Item