Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Setting Strategi Everyone is a Teacher Here Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Discipline Siswa di Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Semester 2

Khairuddin, Khairuddin (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Setting Strategi Everyone is a Teacher Here Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Discipline Siswa di Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Semester 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-khairuddin-13709251055.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam setting strategi Everyone is a Teacher Here yang berorientasi pada kemampuan komunikasi matematis dan self discipline siswa yang berkualitas baik, yaitu valid, praktis, dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi geometri SMP pada kelas VIII semester II, yaitu bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Dick & Carey. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi: analisis kebutuhan dan perumusan tujuan; pengembangan produk; validasi, uji coba, dan revisi; dan kajian produk akhir. Uji coba dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu uji coba/validasi ahli; uji coba skala kecil; dan uji coba skala besar/lapangan. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMP IT Nurul Ilmi Jambi Kelas VIII-C. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan komunikasi matematis, dan angket self discipline. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam setting strategi Everyone is a Teacher Here yang terdiri dari RPP dan LKS. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid untuk masing-masing RPP dan LKS. Hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis, tetapi tidak efektif ditinjau dari self discipline siswa. Kepraktisan mencapai kategori praktis ditinjau dari penilaian guru, penilaian siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran juga mencapai kategori efektif berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa tetapi tidak efektif berdasarkan hasil angket self discipline siswa. Secara klasikal peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 70,97% ditinjau dari tes kemampuan komunikasi matematis. Sementara peningkatan persentase angket self discipline yang berada pada minimal kategori “tinggi” mencapai 9,68%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), strategi everyone is a teacher here, kemampuan komunikasi matematis, self discipline
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Aug 2015 00:19
Last Modified: 09 May 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25122

Actions (login required)

View Item View Item