PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK MENGAJARKAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SAWANGAN

Octaviany, Indriastita (2013) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK MENGAJARKAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SAWANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Indriastita Octaviany 07205241067.pdf

Download (41MB) | Preview

Abstract

Media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa khususnya materi menulis dongeng belum bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajaran menulis dongeng dalam bentuk media komik. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini melalui serangkaian tahapan : analisis, perancangan, pengembangan, validasi dan ujicoba, dan revisi produk. Tahap validasi dan ujicoba, produk media pembelajaran diuji kelayakannya dengan cara divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, penilaian oleh guru bahasa Jawa, dinyatakan layak ujicoba dengan revisi. Selanjutnya dilakukan ujicoba terhadap tanggapan siswa pada SMP N 1 Sawangan, yang diakhiri dengan evaluasi untuk mengetahui KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penilaian kualitas media pembelajaran oleh dosen ahli materi yang terdiri dari dua aspek penilaian dengan 18 indikator memperoleh rata-rata persentase nilai 90% termasuk ke dalam kategori sangat baik; (2) penilaian kualitas media oleh dosen ahli media yang terdiri dari dua aspek penilaian memperoleh rata-rata persentase 96,5% termasuk ke dalam kategori sangat baik; (3) penilaian guru bahasa Jawa yang terdiri dari dua aspek penilaian memperoleh persentase nilai rata-rata 82% termasuk ke dalam kategori sangat baik; (4) hasil angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran komik dongeng memperoleh rata-rata persentase nilai sebesar 86 % berarti siswa sangat setuju dengan penggunaan media. Persentase siswa dalam mengerjakan evaluasi sebesar 78 % mencapai KKM, dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan dapat menarik minat siswa dan membantu dalam memahami materi dongeng.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media komik, adobe flash cs3 professional, menulis dongeng
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 18 Aug 2015 11:28
Last Modified: 30 Jan 2019 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25119

Actions (login required)

View Item View Item