Keefektifan Metode Penemuan Terbimbing dan Metode Pemberian Tugas pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP

Sriwidiarti, Dian (2015) Keefektifan Metode Penemuan Terbimbing dan Metode Pemberian Tugas pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-sriwidiarti-12709259030.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan metode penemuan terbimbing dan metode pemberian tugas ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika dan 2) membandingkan metode penemuan terbimbing dengan metode pemberian tugas ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian mencakup semua siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2014 -2015. Sampel dipilih secara acak dua kelas dari populasi, yaitu kelas IX Bilingual dan kelas IX IT. Kelas IX Bilingual diberi perlakuan dengan metode penemuan terbimbing dan kelas IX IT dengan metode pemberian tugas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Pengukuran validasi instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan pengukuran reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk menguji keefektifan metode penemuan terbimbing dan metode pemberian tugas pada masing-masing variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji t-test one sample pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan metode penemuan terbimbing dan metode pemberian tugas, data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji two group manova pada taraf signifikansi 5 %. Hasi Penelitian menunjukkan bahwa: 1) metode penemuan terbimbing dan metode pemberian tugas efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika dan 2) metode penemuan terbimbing sama efektif dengan metode pemberian tugas ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode penemuan terbimbing, metode pemberian tugas, prestasi, motivasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Aug 2015 00:19
Last Modified: 09 May 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25118

Actions (login required)

View Item View Item