Peran Koperasi Sekolah dalam Meningkatkan Sikap Kewirausahaan Siswa SMK Negeri 1 Wonogiri

Lindawati, Margareta lilis (2015) Peran Koperasi Sekolah dalam Meningkatkan Sikap Kewirausahaan Siswa SMK Negeri 1 Wonogiri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
margareta-lilis-lindawati-13705251059.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perkembangan koperasi sekolah di SMK Negeri 1 Wonogiri; 2) peran koperasi sekolah dalam meningkatkan sikap kewirausahaan siswa SMK Negeri 1 Wonogiri; 3) implementasi koperasi sekolah dalam meningkatkan sikap kewirausahaan siswa SMK Negeri 1 Wonogiri; 4) hambatan-hambatan yang dialami dalam meningkatkan sikap kewirausahaan melalui koperasi sekolah; 5) usaha-usaha yang dilakukan koperasi sekolah dalam meningkatkan sikap kewirausahaan siswa SMK Negeri 1 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data dengan melakukan pengamatan terus menerus, triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perkembangan koperasi sekolah di SMK Negeri 1 Wonogiri cukup baik hal ini dapat dilihat dari jenis usahanya, meliputi simpan pinjam dan penyediaan barang. (2) Peran koperasi sekolah dalam meningkatkan sikap kewirausahaan siswa SMK Negeri 1 Wonogiri dapat dilihat dari kebutuhan siswa dalam belajar terpenuhi dan ada perubahan sikap yang meliputi mengembangkan rasa percaya diri, berani mengambil resiko, mengembangkan rasa tanggung jawab, mampu bersosialisasi dengan baik dan membentuk sikap mandiri di dalam diri siswa. (3) Implementasi koperasi sekolah dalam meningkatkan sikap kewirausahaan siswa SMK Negeri 1 Wonogiri cukup baik yaitu siswa diberikan kepercayaan dalam kegiatan peminjaman untuk melatih keterampilan berwirausaha. (4) Hambatan-hambatan yang dialami dalam meningkatkan sikap kewirausahaan siswa ada dua, yaitu: pertama, dilihat dari sisi internal, siswa belum terlibat secara langsung dalam pengelolaan koperasi, sarana dan prasarana belum lengkap, dilihat dari sisi eksternal, belum ada kegiatan pelatihan dan bimbingan secara terprogram dari dinas terkait (Depdikbud) dan Perindagkop Koperasi. (5) Usaha yang dilakukan adalah dari sisi internal: memberikan pelatihan sederhana, meningkatkan sosialisasi, menambah perlengkapan dan penyediaan barang, sedangkan dari sisi ekternal adalah melakukan kerjasama dengan dinas terkait (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Perindagkop Koperasi Kabupaten Wonogiri) melalui pelatihan, monitoring dan bimbingan secara terprogram dalam pengelolaan koperasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Peran, koperasi sekolah, sikap kewirausahaan
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 19 Aug 2015 00:19
Last Modified: 08 Mar 2016 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25114

Actions (login required)

View Item View Item