Mellyana, Saputri (2015) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD KASIHAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Mellyana Saputri.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kasihan Kabupaten Bantul; dan (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kasihan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi dengan peneliti sebagai human instrument. Analisis data menggunakan analisis model interaktif dari Miles and Huberman yang meliputipengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kasihan Kabupaten Bantul terlaksana melalui; (a) pengintegrasian nilainilai pendidikan karakter pada KBM; (b) kegiatan ekstrakurikuler yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan karakter; (c) keseharian/pembiasaan yang tercipta melalui budaya sekolah; dan (2) faktor pendukungnya adalah komunikasi, kerja sama kepala sekolah dan guru, sosialisasi dewan sekolah dengan masyarakat dan fasilitas. Faktor penghambatnya adalah pengaruh lingkungan, komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua, rendahnyakesadaran peserta didik, terbatasnya sumber dana dan kurangnya pengawasan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 18 Aug 2015 10:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25098 |
Actions (login required)
View Item |