PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOHESIVITAS GURU DI SMP NEGERI KOTA YOGYAKARTA

Fauziah, Andini (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOHESIVITAS GURU DI SMP NEGERI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fauziah Andini.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) tingkat kekuatan kepemimpinan kepala sekolah SMP Negeri di Kota Yogyakarta, (2) tingkat kekuatan kohesivitas guru SMP Negeri di Kota Yogyakarta, dan (3) menjelaskan apakah ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kohesivitas guru SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis regresi sederhana lalu diinterpretasikan menggunakan 2 variabel yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan kohesivitas guru. Unit analisis penelitian adalah 16 SMP, yang masuk dalam penelitian adalah seluruh SMP Negeri di Kota Yogyakarta yang berjumlah 16 SMP. Responden penelitian ini adalah 16 kepala sekolah dan 71 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Untuk validitas data menggunakan validitas isi. Selanjutnya reliabilitas data menggunakan teknik Croncbach’s Alpha. Adapun uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) kepemimpinan dari kepala sekolah SMP Negeri di Kota Yogyakarta rata-rata sudah kuat. (2) rata-rata kohesivitas guru SMP Negeri di Kota Yogyakarta kuat. (3) Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kohesivitas guru SMP Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan efektif sebesar 26,8% dan persamaan regresinya Ŷ = 33,841 + 0,484 X sehingga setiap ada kenaikan skor pada prediktor akan menyebabkan naiknya prediksi, demikian pula sebaliknya. Hal tersebut berarti 73,2% kohesivitas guru SMP Negeri di Kota Yogyakarta ditentukan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti ketertarikan kelompok, stabilitas keanggotaan, ukuran kelompok, ciri-ciri struktural dan permulaan kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 18 Aug 2015 10:22
Last Modified: 30 Jan 2019 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item View Item