PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMBUATAN POLA DASAR TEKNIK KONSTRUKSI PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA BUSANA BAYI DAN POLA DASAR DI SMK NEGERI 1 WONOSARI

Nurul Dian , Pratiwi (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMBUATAN POLA DASAR TEKNIK KONSTRUKSI PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA BUSANA BAYI DAN POLA DASAR DI SMK NEGERI 1 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
INTERACTIVE LEARNING MEDIA DEVELOPMENT FOR MAKING CONSTRUCTION TECHNIQUE OF BASIC PATTERN FOR MAKING CONSTRUCTION TECHNIQUE OF BASIC PATTERN.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif pembuatan pola dasar teknik konstruksi di SMK N 1 Wonosari, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif pembuatan pola dasar teknik konstruksi di SMK N 1 Wonosari, 3) Mengetahui pendapat siswa tentang penggunaan media pembelajaran interaktif pembuatan pola dasar teknik konstruksi dalam proses pembelajaran di SMK N 1 Wonosari. Pengembangan media pembelajaran interaktif pembuatan pola dasar teknik konstruksi pada mata pelajaran membuat pola busana bayi dan pola dasar di SMK Negeri 1 wonosari ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R and D). penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Wonosari. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari; (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan Produk; (4) uji validitas ahli; (5) revisi produk; (6) uji terbatas; (7) revisi produk; (8) uji kelompok kecil; (9) revisi produk; (10) uji kelompok besar; (11) produk akhir. Proses validasi dilakukan oleh 3 orang ahli materi dan 3 orang ahli media. Untuk pengujian lapangan dilakukan dengan uji terbatas yaitu 2 orang guru pengampu, uji kelompok kecil dengan 12 siswa dan untuk uji kelompok besar dilakukan dengan 32 siswa. Pengumpulan data evaluasi formatif dilakukaan dengan menggunakan lembar penilaian untuk aspek isi materi, aspek desain layar dan aspek pengoperasian program. Secara umum hasil dari uji coba produk ini masuk dalam kategori layak sekali untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan perincian; (a) untuk kualitas materi yang divalidasi oleh ahli materi termasuk dalam kategori sangat layak dengan rerata 3,44 ; (b) kualitas media yang divalidasi oleh ahli media termasuk dalam kategori sangat layak dengan rerata 3,69; (c) untuk hasil uji coba terbatas masuk dalam kategori sangat layak dengan rerata 3,76 ; (d) untuk hasil uji coba kelompok kecil masuk dalam kategori sangat layak dengan rerata 3,64, untuk pendapat siswa dalam uji coba kelompok kecil masuk dalam sekali kategori sangat layak dengan rerata 3,70; (e) untuk hasil uji coba kelompok besar masuk dalam kategori sangat layak dengan rerata 3,77, untuk pendapat siswa uji coba kelompok besar masuk dalam kategori sangat layak dengan rerata 3,83 dengan perincian; (a) aspek isi materi menunjukkan rerata penilaian 3,76 ; (b) aspek desain layar menunjukkan rerata penilaian 3,77; (c) pengoperasian program menunjukkan rerata penilaian 3,77. Dari hasil tersebut maka media pembelajaran interaktif yang telah di buat sangat layak digunakan untuk pembelajaran karena meningkatkan perhatian siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > S1 Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 20 Jul 2012 06:17
Last Modified: 20 Jul 2012 06:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2509

Actions (login required)

View Item View Item