UPAYA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN BANTUL, KABUPATEN BANTUL

Andita Fitriana, - (2015) UPAYA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN BANTUL, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Andita F.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kompetensi profesional yang dimiliki guru TK di kecamatan Bantul, kabupaten Bantul, (2) upaya pengembangan kompetensi profesional yang telah dilakukan guru TK di kecamatan Bantul, kabupaten Bantul, (3) upaya pengembangan kompetensi profesional yang dipandang paling efektif oleh guru TK di kecamatan Bantul, kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan satu variabel yaitu kompetensi profesional guru. Lokasi penelitian di seluruh TK se kecamatan Bantul sejumlah 38 sekolah. Responden penelitian adalah 159 guru TK. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan terbuka. Validitas data menggunakan validitas isi. Reliabilitas data menggunakan teknik Croncbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase untuk mengetahui pencapaian setiap komponen melalui data statistik. Hasil penelitian sebagai berikut; (1) kompetensi profesional yang dimiliki guru TK di kecamatan Bantul rata-rata berkategori sangat baik, namun ada indikator dalam pemanfaatan teknologi informasi dan penelitian tindakan kelas masih kurang, (2) upaya pengembangan kompetensi profesional yang telah dilakukan guru TK di kecamatan Bantul, kabupaten Bantul dilakukan melalui diskusi dengan teman sejawat, (3) upaya pengembangan yang dipandang paling efektif yakni melalui diklat, karena dengan diklat memberikan ruang bagi guru TK untuk menambah ilmu pengetahuan dengan disertai pelatihan atau praktik dengan ahli yang berkompeten dibidangnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 18 Aug 2015 10:06
Last Modified: 30 Jan 2019 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25085

Actions (login required)

View Item View Item