TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA SENAM ANGGUK PADA SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI KALISARI KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO

Dony Setiandoyo (2015) TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA SENAM ANGGUK PADA SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI KALISARI KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
DONY SETIANDOYO_11604224007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum adanya suatu tes dan pengukuran kebugaran jasmani pada siswa yang selama ini rutin melaksanakan senam angguk, sehingga perlu adanya suatu tes dan pengukuran terhadap siswa yang telah rutin melaksanakan senam angguk di Sekolah Dasar Negeri Kalisari Kecamatan Temon kabupaten Kulon Progo dan pelaksanaan senam tersebut seminggu dua kali yaitu pada hari rabu dan sabtu pagi selama 30 menit. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengngetahui tingkat kebugaran jasmani siswa yang selama ini rutin melaksanakan senam angguk. Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kalisari yang berjumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Analisi data yang diperoleh adalah data deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk Usia 10-12 tahun dari Kemendiknas Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Tahun 2010. Butir tes sebagai berikut: Lari 40 M, Tes gantung siku tekuk, Baring duduk 30 menit, Loncat tegak, Lari 600 M. Nilai reabilitas Putra: 0,911 dan Putri: 0,942 sedangkan nilai validitas Putra: 0,884 dan Putri: 0,897. Hasil dari Tes Kesegaran jasmani Indonesia untuk Umur 10-12 tahun dari Depdiknas. Dengan hasil, pada kategori “kurang sekali” dengan persentase sebesar 0% (0 siswa), kategori “kurang” persentase sebesar 20% (7 siawa), kategori “sedang” persentase sebesar 80% (28 siswa), kategori “baik” persentase sebesar 0% (0 siswa), dan ketegori “baik sekali” dengan persentase sebesar 0% (0 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebugaran Jasmani, Senam Angguk, Siswa.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Aug 2015 09:44
Last Modified: 30 Jan 2019 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25077

Actions (login required)

View Item View Item