UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GULING BELAKANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TARAMAN KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MUJIYANTA (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GULING BELAKANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TARAMAN KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUJIYANTA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang kemampuan guling belakang yang rendah sehingga tujuan penelitian ini untuk meningkatan kemampuan guling belakang dilakukan melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri Taraman kecamatan Ngaglik kabupaten Sleman tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)yang berlangsung dalam bentuk siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VSD Negeri Taraman Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman yang berjumlah 22 siswa (terdiri 13 siswa putra dan 9 siswa putri). Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tes hasil belajar guling belakang. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran guling belakang melalui pendekatan bermain selama dua siklus dapat meningkatkan ketuntasan secara klasikal pada siswa SD Negeri Taraman kecamatan Ngaglik kabupaten Sleman. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan peneliti dan kolaborator diperoleh hasil tes awal nilai rerata 61,74 dengan 7 siswa (31,2%) tuntas meraih nilai KKM 75,00, dari tes unjuk kerja siswa pada siklus satu deperoleh hasil nilai rerata 75,00 dengan 14 siswa (63,63%) tuntas meraih KKM dan pada siklus kedua nilai rerata 78,03 dengan 18 siswa (81,81%) tuntas meraih KKM. Hal ini membuktikan bahwa proses pembelajaran guling belakang melalui pendekatan bermain bisa meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa SDN Taraman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bermain itu aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Aug 2015 14:28
Last Modified: 30 Jan 2019 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25076

Actions (login required)

View Item View Item