EVALUASI PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK LAS LANJUT DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Dani, Febrianto (2015) EVALUASI PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK LAS LANJUT DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dani Febrianto 04503241038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK LAS LANJUT DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh: Dani Febrianto 04503241038 ABSTRAK Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi pelaksanaan proses pembelajaran mata diklat praktik las lanjut di SMK Muhammadiyah Prambanan. Evaluasi ini difokuskan terhadap beberapa aspek yang berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) praktik las lanjut yaitu : pelaksanaan sistem pembelajaran dilihat dari struktur programnya, target pencapaian Rencana Proses Pembelajaran (RPP) mata diklat praktik las lanjut, hambatan-hambatan guru dan siswa dalam pembelajaran praktik las lanjut dan kelengkapan media belajar serta metode pengajaran praktik las lanjut. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi mengenai beberapa aspek yang berpengaruh dalam proses pembelajaran praktik las lanjut sebagaimana tersebut di atas, dengan harapan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pihak SMK Muhammadiyah Prambanan secara khusus serta SMK yang lainnya yang mempunyai kemiripan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sifat penelitian ini adalah expostfacto dimana dalam penelitian ini tidak dilakukan kontrol terhadap variabel dan peneliti tidak mengadakan pengaturan atau memanipulasi terhadap variabel. Penelitian ini juga bersifat eksploratif, yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau mencari fakta-fakta dan keterangan secara faktual. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah Prambanan dan sebagai responden dalam penelitian ini adalah guru pengampu praktik las lanjut serta semua peserta didik SMK kelas XI semester 1 dan 2. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Interpretasi terhadap hasil analisis data dilakukan dengan berdasar pada tolak ukur yang telah ditentukan, sehingga diperoleh kategori : sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Hasil penelitian menunjukkan SMK Muhammadiyah Prambanan dalam pelaksanaan proses pembelajaran praktik las lanjut, bahwa : (1) Pelaksanaan struktur program mata diklat praktik las lanjut adalah “sangat baik”. (2) Target pencapaian RPP adalah “baik”. (3) Proses belajar mengajar dikelas yang disampaikan guru adalah “baik”. (4) Hambatan yang dialami guru berasal dari terbatasnya media belajar dan metode pembelajaran yang monoton. (5) Hambatan dari siswa lebih dominan karena disebabkan oleh kurangnya media belajar. (6) Kelengkapan media belajar “sangat kurang”dan metode pengajaran yang digunakan sudah variatif. Kata kunci : Evaluasi, Proses Pembelajaran, Praktik Las Lanjut

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Aug 2015 10:13
Last Modified: 30 Jan 2019 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25073

Actions (login required)

View Item View Item