KETERLAKSANAAN TUGAS GURU PENJAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNA NETRA DI SLB NEGERI 1 BANTUL NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL, DIY

Anjar Kumayasari (2015) KETERLAKSANAAN TUGAS GURU PENJAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNA NETRA DI SLB NEGERI 1 BANTUL NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL, DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah anak tuna netra memiliki keterbatasan dalam belajar gerak, sehingga diperlukan tugas guru. Tugas guru penjas untuk anak tuna netra perlu dipahami oleh orang lain, sehingga penelitian ini bertujuan memberikan gambaran yang nyata tentang tugas guru penjas dalam pembelajaran penjas untuk anak tuna netra. Metode dalam penelitian ini adalah survei dengan wawancara dan observasi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran penjas anak tuna netra SLB Negeri 1 Bantul. Sumber datanya guru penjas, siswa dan kepala jurusan tuna netra SLB Negeri 1 Bantul. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dari Mile and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan tugas guru sudah ada kesiapan pembelajaran seperti kesiapan sarana prasarana dan tinjauan lapangan. RPP baru pertama kali dibuat yaitu saat ada pengawas. Pertama kali guru membariskan siswa, berhitung dan berdoa. Kegiatan pembukaan seperti pemanasan/penguluran selalu dilakukan. Kegiatan inti pembelajaran berjalan dengan baik. Guru selalu memberikan koreksi bagi siswa yang masih salah dalam melakukan gerakan. Akhir pembelajaran tidak ada kegiatan cooling down atau pendinginan. Diakhiri dengan berhitung dan berdoa. Setelah siswa dibubarkan, guru menggandeng siswa untuk menuju ke kelas atau ke orang tua siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Guru, Anak Tuna Netra
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Aug 2015 10:37
Last Modified: 30 Jan 2019 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25071

Actions (login required)

View Item View Item