PENGEMBANGAN MODUL PENGGUNAAN MASTERCAM SEBAGAI MEDIA SIMULATOR PADA MATA PELAJARAN MEMPROGRAM MESIN NC/CNC DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Dangu, Bagus Sanjaya (2015) PENGEMBANGAN MODUL PENGGUNAAN MASTERCAM SEBAGAI MEDIA SIMULATOR PADA MATA PELAJARAN MEMPROGRAM MESIN NC/CNC DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dangu Bagus Sanjaya 06503244025.pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PENGGUNAAN MASTERCAM SEBAGAI MEDIA SIMULATOR PADA MATA PELAJARAN MEMPROGRAM MESIN NC/CNC DI SMK NEGERI 2 KLATEN Oleh: Dangu Bagus Sanjaya 06503244025 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk prototype modul penggunaan Mastercam sebagai media simulator pada mata pelajaran memprogram mesin NC/CNC, untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa di SMK Negeri 2 Klaten, serta untuk mengetahui kelayakan modul Mastercam sebagai media simulator pada mata pelajaran praktik CNC di SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (research and development). Waktu pelaksanaan penelitian dimulai tanggal 02 Januari 2012 hingga 28 Januari 2011 (selama 1 bulan), yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Klaten. Objek penelitian ini berupa pengembangan modul simulator Mastercam yang meliputi materi dasar-dasar penggunaan Mastercam, dan komponen-komponen penggunaan mesin CNC. Tahapan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini meliputi (1) tahap studi pendahuluan (2) tahap pengembangan produk awal (3) tahap revisi produk awal (4) tahap uji coba terbatas I (5) tahap revisi I (6) tahap uji coba terbatas II (7) tahap revisi II (8) tahap uji coba III (9) revisi (10) produk akhir. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sedangkan analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase yang diterjemahkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala kelayakan yang telah ditentukan. Berdasarkan uji kelayakan modul simulator Mastercam yang dikembangkan, menurut ahli media pembelajaran memperoleh kelayakan 95%; menurut ahli materi pihak dosen memperoleh kelayakan 93,33%, sedangkan menurut ahli materi pihak guru mendapat 93,33%; dari uji coba produk awal mendapat kelayakan 65,62%; dari uji coba terbatas I mendapat kelayakan 83,33%; dari uji coba terbatas II mendapat kelayakan 71,04%; sedangkan uji coba terbatas III mendapat kelayakan 75,30%. Berdasarkan persentase kelayakan yang didapat dari uji ahli, rekan sejawat dan siswa SMK Negeri 2 Klaten sebagai pengguna membuktikan bahwa modul simulator Mastercam yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran praktik CNC di SMK Negeri 2 Klaten. Kata kunci: pengembangan, modul, simulator Mastercam.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Aug 2015 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25067

Actions (login required)

View Item View Item