PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Dandhi, Fajarfanni (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DANDHI FAJARFANNI 07503244018.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh: Dandhi Fajarfanni NIM. 07503244018 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Membaca Gambar Teknik kelas XI pada Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian eksperimen dalam jenis penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah kelas XI TPA dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran kolaboratif dan kelas XI TPB dengan jumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) dokumentasi dan (b) tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kisi-kisi butir soal dan tes butir soal berupa soal pilihan ganda yang telah divalidasi oleh dosen ahli dan diuji reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran kolaboratif memperoleh nilai rata-rata 82,74. Nilai terbanyak yang diperoleh adalah pada nilai 86,67. Nilai tengah dari data tersebut adalah pada nilai 83,33. Untuk nilai tertinggi 90, sedangkan nilai terendahnya 70. Sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 75,07. Nilai terbanyak yang diperoleh adalah pada nilai 76,67. Nilai tengah dari data tersebut adalah pada nilai 73,33. Untuk nilai tertinggi 86,67, sedangkan nilai terendahnya 60. Hasil perhitungan uji-t dua sampel independen pada taraf kesalahan 5% menghasilkan thitung > ttabel (6,67 > 2,01). Dengan demikian, dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran membaca gambar teknik. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kolaboratif, Hasil Belajar Siswa, Membaca Gambar Teknik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Aug 2015 08:57
Last Modified: 30 Jan 2019 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25065

Actions (login required)

View Item View Item