UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN BUBUT KELAS XI TP4 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)

Danang, Yuli Ariyanto (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN BUBUT KELAS XI TP4 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Danang Yuli Ariyanto 10503244001.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN BUBUT KELAS XI TP4 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) Oleh Danang Yuli Ariyanto NIM 10503244001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui cara meningkatan aktivitas belajar setelah diterapkannya metode pembelajaran STAD pada mata pelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin bubut kelas XI TP4 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. 2) Mengetahui cara meningkatan prestasi belajar setelah diterapkannya metode pembelajaran STAD pada mata pelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin bubut kelas XI TP4 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Satu siklus terdiri atas empat fase yang meliputi fase perencanaan, fase pelaksanaan, fase observasi dan fase refleksi. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui persentase keaktifan belajar siswa. Kemudian soal tes digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan persentase yang dilakukan dengan mendeskripsikan data dari hasil tes dan observasi. Dari hasil penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas XI TP 4 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin bubut dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Cara yang digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar adalah dengan memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Guru mencoba memberikan hadiah kepada kelompok paling aktif dan kelompok terbaik. Sehingga siswa terpacu atau terdorong untuk menjadi yang terbaik. Dari data siklus 1 dan siklus 2 di dapat rata-rata peningkatan keaktifan dari keseluruhan aspek yaitu 44,44%. Kemudian untuk prestasi belajar nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 13,94%. Persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan sebesar 34,10%. Cara yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan memberikan soal kuis dan soal diskusi. Cara ini dapat dikatakan efektif karena siswa akan merasakan proses belajar apabila siswa bekerja dan disertai dengan mengerjakan. Selain itu juga menekankan akan belajar sebagai proses bukan hanya hasilnya saja. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin bubut dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas dan Prestasi Belajar, metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Aug 2015 08:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25060

Actions (login required)

View Item View Item