Isnu Rizka Aminuddin, Isnu (2015) PROGRAM PEMBELAJARAN DI RA TIARA CHANDRA PERDUKUHAN PRANCAK PANGGUNGHARJOKECAMATAN SEWON KABUPATENBANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Isnu Rizka Aminuddin_09102244034.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Pelaksanaan program pembelajaran di RA Tiara Chandra, (2) Faktor penghambat dan pendorong pelaksanaan program pembelajaran di RA Tiara Chandra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subyek penelitian yaitu pengelola, pendidik/guru, peserta didik/siswa RA Tiara Chandra Prancak Panggungharjo, Sewon-Bantul. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil data dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program pembelajaran di RA Tiara Chandra meliputi : (a) Persiapan, meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pembelajaran bagi anak, dan media dalam proses pembelajaran. (b) Pelaksanaan, proses pelaksanaan pembelajaran di sentra melalui beberapa pijakan : pijakan lingkungan main, pijakan pengalaman sebelum main, pijakan pengalaman saat main, pijakan pengalaman setelah main. (c) Penilaian, proses penilaian pembelajaran di RA Tiara Chandra melalui observasi, anekdot, dan penugasan, dinilai ke dalam aspek/kriteria, yaitu kognitif, afektif, psikomotorik, fisik-motorik, sosial-emosional, dan moral agama anak. (2) Faktor penghambat dan pendorong pelaksanaan program pembelajaran di RA Tiara Chandra. (a) Faktor penghambat, seperti pengkondisian kelas, psikis dan perbedaan anak yang satu dengan yang lain, latar belakang pendidik dan keluarga anak. (b) Faktor pendorong, meliputi kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah, RA Tiara Chandra mengajarkan tentangLiving Valver Education (LVE), yaitu mengajarkan mengenai nilai-nilai kehidupan seperti toleransi, tanggung jawab, kejujuran, cinta, kebersamaan dll. Faktor sarana dan prasarana menjadi faktor penunjang proses pembelajaran berlangsung, kelas/sentra yang mendukung. Kata kunci : pembelajaran anak usia dini, karakteristik usia dini
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP |
Date Deposited: | 13 Aug 2015 15:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25045 |
Actions (login required)
View Item |